Penghargaan Guru Inovasi di Hari Guru Nasional 2021



Penghargaan Guru Inovasi di Hari Guru Nasional 2021

Pada hari ini 25/11/2021 guru seluruh Indonesia memeriahkan peringatan Hari Guru Nasional juga HUT PGRI. Berbagai acarapun digelar seperti upacara, lomba, festival dan kegiatan lainnya dilaksanakan mulai tingkat nasional, provinsi, kabupaten, kecamatan dan sekolah masing-masing. 


Pada kesempatan itu juga biasanya guru-guru menerima penghargaan atas prestasi, dedikasi dan inovasinya selama menjadi guru. Tentunya penghargaan ini diberikan untuk meningkatkan motivasi guru dalam mengembangkan dirinya dalam melaksanakan tugas.


Saya hari ini mengikuti upacara di MTsN 5 Pidie, bertugas sebagai Dokumentasi Video untuk ditayangkan nantinya di Youtube. Tugas ini sepertinya sudah melekat pada saya sejak lulus jadi CPNS tahun 2019 di Madrasah ini. Pekerjaan Dokementasi Foto dan Video bagi saya sebuah hobi dan sangat menarik untuk dikerjakan pada suatu kegiatan apapun.



Setelah selesai upacara, MC mengumumkan guru yang memperoleh penghargaan dari Madrasah yaitu Penghargaan prestasi, inovasi dan disiplin. Salah satu nama yang dipanggil pertama pada bidang Inovasi adalah Ansar Salihin, S.Sn. Saya langsung mengalihkan pekerjaan saya menyerahkan tropot dan kamera kepada guru yang lain dan berdiri bersama guru-guru yang mendapat prestasi lainnya.


Setelah menerima penghargaan saya coba buka sertifikatnya “Penghargaan diberikan kepada Ansar Salihin. S.Sn sebagai Guru Inovasi.....”. Sempat saya merenung di mana letak inovasi yang saya lakukan selama ini, sehingga madrasah memberikan penghargaan tersebut kepada saya. Padahal saya salah satu Guru PNS baru masuk di Madrasah ini yang baru bertugas 2 tahun 8 bulan. Dan hanya saya satu-satunya guru baru berdiri di tengah-tengah guru lainnya yang menurut saya sudah sangat senior dan semua guru tersebut memiliki jabatan tertentu, mulai dari Wakil Kepala, Pengajaran, Bendahara, Pembina UKS dan OSIM. Sementara saya hanya guru biasa tanpa ada jabatan apapun. Tapi ya sudahlah Alhamdulillah sudah dipercayakan menerima penghargaan tersebut.



Kemudian saya kembali lihat ke belakang apa yang sudah saya kerjakan dan berikan untuk madrasah ini, sesuai dengan pendidikan, keahlian dan profesi selain guru selama ini. Awal mula jadi CPNS saya mencoba membuka sanggar baca puisi, namun hanya berjalan 1 semester. Kemudian mencoba menulis kegiatan madrasah dan publikasikan di blog pribadi, ini mendapat sambutan yang baik dan kepala madrasah mengajak saya membuat Website madrasah, alhamdulillah masih aktif menulia di website tersebut sampai saat ini.


Selanjutnya mendokumentasikan baik foto maupun video kegiatan madrasah kemudian mempostingnya di youtube dan juga website madrasah. Ini juga mendapat sambutan yang baik dari pimpinan. Dan terakhir tahun 2021 setelah sekolah mulai normal belajar tatap muka saya membuka kelas Literasi, mengajar siswa menulis berita, puisi dan tulisan lainnya. Juga membina siswa membaca puisi untuk mengikuti lomba atau kegiatan di sekolah. Hasil akhir dari kelas Literasi di Hari Guru Nasional Kita Lounching Mading Perdana karya siswa kelas Literasi.


Berdasarkan kegiatan di atas mungkin pimpinan memberikan penghargaan kepada saya. Terima kasih saya ucapkan kepada MTsN 5 Pidie yang telah memberikan penghargaannya. Semoga kedepannya saya dapat melakukan inovasi yang lebih banyak lagi di Madrasah ini.


Salam Literasi

Comments

  1. Alhamdulillah, selamat ya pa. Teruslah berkarya

    ReplyDelete
  2. Selamat Pak Ansar untuk prestasinya. Semangat terus untuk berkarya...

    ReplyDelete
  3. Aamiin. Selamat atas prestasinya. Semangat terus berkarya, Pak.

    ReplyDelete
  4. Hebat Bapak. Kapan-kapan mau nanya ttg gimana membuat dan mengelola website sekolah. Boleh ya...

    ReplyDelete

Post a Comment

RPP/PERANGKAT