Kopi: Budaya dan Kehidupan

Kopi Arabika Gayo



Oleh: Win Ansar


#Puisi

Kopi


Secangkir, rindu

dan cinta


Aceh, 2021


Kopi Arabika Gayo


#Esay


Budaya dan Kehidupan

Berbicara tentang kopi tidak hanya berbicara persoalan minuman saja, namun dibalik kopi sebagai minuman ada budaya yang tersimpan di dalamnya. Seperti masyarakat Gayo di Aceh Tengah dan Bener Meriah memahami kopi adalah bagian dari kehidupan manusia. Karena sehari-hari mereka selalu berhadapan dengan kopi, kopi sumber mata pencariannya, minum kopi bagian dari budaya.

Seperti ungkapan bahasa Gayo "kul ni buet gere bekupi" kurang lebih artikannya dalam bahasa Indonesia "sebesar ini pekerjaan tidak ada kopi" maksudnya setiap pekerjaan itu harus tersedia kopi sebagai minuman dan begitu pentingnya peran kopi dalam kehidupan. Lain lagi bagi masyarakat Aceh di pesisir kopi itu sudah jadi budaya dalam kehidupan, sambil peugah haba (bercerita) di warung pasti ada secangkir kopi menemani.

Berbicara kopi Gayo itu bagian dari kehidupan masyarakat (kebun kopi) sementara berbicara kopi Aceh itu bagian dari budaya masyarakat (warung kopi).


Kopi Arabika Gayo


Comments

  1. Pagi minggu yang cerah, pas dengan secangkir kopi.
    Tulisan yg menambah wawasan ttg budaya kopi👍

    ReplyDelete
  2. Mari minum kopi sambil berkunjung ke blog sahabat mayaku.Semoga sukses selalu

    ReplyDelete
  3. saya juga suka minum kopi tapi kalau minum kopi Gayo belum suatu saat ingin juga minum kopi Gayo👍

    ReplyDelete
  4. Keren... Master Winansar, trimks share ilmunya. Betul sekali secangkir kopi membuat kita bersemangat untuk bekerja

    ReplyDelete
  5. Pengen bisa ngopi. Suka aroma kopi tapi tidak pernah ngopi.

    ReplyDelete
  6. Nah, ternyata penyebutan kopi menyiratkna hal tertentu (kebun dan gaya hidup). Saya jadi pecandu kopi setelah masuk Sumatera Selatan.

    ReplyDelete
  7. Kopi minuman yang paling penting kalau kata suami saya🤭🤭🤭

    ReplyDelete
  8. Jadi ingin tahu pengucapan "kul ni buet gere bekupi" dan "peugah haba"
    Sepertinya jika diucapkan akan terasa keakrabannya

    ReplyDelete
  9. Saya sendiri bukanlah maniak kopi. Jadi mau minum kopi di pagi hari atau tidak, bukan sebuah masalah. Kalau istri bikinkan, ya, biasanya saya minum. Jika tidak, minum air putih saja. Dari situ, saya juga tidak punya favorit kopi tertentu. Ketika ada di minimarket, mau minum kopi, ambil yang kira-kira cocok dengan saya.

    ReplyDelete
  10. Saya penikmat kopi ...
    bolehkah delivery?

    ReplyDelete
  11. Biasanya setelah makan siang ada kopi panas di event berikutnya ... .itu gara gara budaya Lombok yang pernah kusinggahi selama 2 tahun masa bujang dulu......

    ReplyDelete
  12. Saya adalah pecinta Kopi dari berbagai daerah, .. namun saat ini saya jarang minum kopi hitam dengan sedikit gula karena kopi hitam mengingatkanku kepada suami yang sudah menghadap Allah SWT. Namun saya masih minum kopi susu instant walau mungkin kurang bagus untuk kesehatan. Kopi Aceh,atau kopi Gayo pengin sekali menikmati di pagi hari ditemani biscuits.
    Ditunggu kopinya sampai ke Citra Indah Jonggol Bogor, .

    ReplyDelete

Post a Comment

RPP/PERANGKAT