Masker: Mengingatkan Orang Lain Lebih Mudah Daripada Diri Sendiri

Oleh Ansar Salihin

Hari ini 2 Desember 2020 merupakan hari Gerakan Masker Sekolah (GEMAS) memakaikan masker kepada 1.081.174 siswa secara serentak di Provinsi Aceh. Kegiatan tersebut merupakan Program Pemerintah Aceh dalam rangka menjaga protokol kesehatan sekolah tatap muka pada awal semester baru tahun 2021. Seluruh guru yang bertugas sebagai wali kelas memakaikan masker kepada siswanya di kelas masing-masing. Selain itu wali kelas juga mensosialisasikan tentang Covid 19 mulai dari pengertian, cara penularan, gejala dan tata cara mencegah agar tidak tertular Covid 19.

Sudah hampir satu tahun, bencana non alam covid 19 belum juga berakhir, namun segala kegiatan sudah mulai normal. Begitu juga di Provinsi Aceh walaupun masih ada kasus Covid 19, kegiatan pelayan publik sudah mulai normal dilaksanakan. Melalui surat edaran Gubernur bekerja dari rumah sejak 1 Desember sudah berakhir, seluruh pagawai mulai bekerja seperti biasa mulai 2 Desember. Begitu juga dengan sekolah sebagian memang sudah dibuka sejak bulan Oktober, dan rencananya awal ajaran baru semester dua semua sekolah sudah aktif seperti biasa.

Walaupun bekerja dan sekolah sudah aktif seperti biasa, namun segala kegiatan yang dilaksanakan di kantor dan di sekolah harus memperhatikan protokol kesehatan. Seperti pemeriksaan suhu tubuh, mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak dan menjaga lingkungan yang bersih. Hal inilah yang disosialisasikan oleh guru sebagai wali kelas kepada siswa di hari GEMAS ini, pemakaian masker ini dilakukan pada seluruh jenjang pendidikan mulai SD, SMP dan SMA sederajat baik di bawah dinas pendidikan maupun kementerian agama.


Salah satu poin dalam mencegah virus korona yang tidak asing lagi di kalangan masyarakat adalah “Memakai Masker” bahkan pemerintah membuat suatu aturan wajib pakai masker dan dilakukan rajia pemakaian masker oleh pihak berwajib, bagi orang yang tidak memakai masker akan denda atau dikasih hukuman. Kebiasaan baru memakai masker adalah hal sederhana, namun sulit untuk dilaksanakan, baik karena alasan kurang nyaman, susah bernafas, susah berbicara dan berbagai alasan lainnya. 

Setiap orang mudah untuk mengingatkan orang lain dalam pemaiakan masker, misalnya orang tua mengingatkan anaknya, guru mengingatkan siswanya, pimpinan mengingatkan karyawannya, petugas di lapangan mengingatkan masyarakat, mengingatkan sesama, bahkan anak kecil sekalipun dapat mengingkatkan orang tua untuk memakai masker. Namun hal ini sulit dilakukan untuk diri sendiri, kita sering lupa memakai masker ini di hadapan orang banyak, padahal semua kita tahu fungsi, kugunaan serta mudaratnya apabila kita tidak memakai masker tersebut. Tatap saja masker tidak terpakai dengan baik misalnya dipakai didagu dan mutul serta hidung terbuka, tinggal karena dilepas atau hanya waktu tertentu makai masker misalnya foto bersama atau berhadapan dengan pimpinan.

“Maskerku Melindungimu, Maskerkmu Melindungiku” Itulah pribahasanya sejak maraknya Covid 19 ini. Masker tidak hanya melindungi diri sendiri dari bahayanya virus, namun masker juga sebagai perlindungan untuk orang lain di sekitar kita, agar virus itu dapat diputus mata rantainya dan tidak menelan korban banyak. Maka mulai sekarang ingatkanlah diri sendiri terhadap pemakaian masker, pakai masker setiap saat, sadar diri bahwa masker itu bagian perlengkapan sehari-hari wajib dipakai saat keluar rumah, sama halnya seperti mamakai pakaian kita dalam kehidupan sehari-hari.

Semoga Covid 19 cepat berlalu, dan kita dapat menjalani aktivitas seperti biasa. 

Pakai Masker !

Baca Juga : Puisi: Ini Bukan Puisi

Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Pembelajaran

Comments

  1. Yup... ingatkan diri sendiri supaya bisa menjadi contoh bagi yang lainnya 🙏

    ReplyDelete
  2. Mantap....teruslah saling mengingatkan dalam melakukan kebaikan

    ReplyDelete

Post a Comment

RPP/PERANGKAT